Senin, 06 Juli 2009

STAIS KUTIM GELAR PELATIHAN JURNALISTIK TINGKAT DASAR

Sengata- Untuk mengenal lebih dekat dan menambah wawasan mengenai jurnalistik (pers) BEM STAIS (Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Sengata) Kutai Timur bekerjasama dengan jurusan tarbiyah menggelar pelatihan jurnalistik tingkat dasar selama tiga hari dimulai sejak sabtu (4/7). Diikuti oleh 40 orang peserta, bertempat di Aula kampus STAIS Kutai Timur jl. APT. Pranoto. Acara berlangsung dari pukul 07.30-17.00 wita.

Pelatihan dibuka langsung oleh ketua STAIS KUTIM Prof. Dr. Hj. Siti Muriah. ''Mahasiswa hendaknya memiliki pengetahuan yang bersifat multidisipliner, sehingga alumnus STAIS Kutai Timur tidak hanya mesti menjadi guru, apapun pekerjaan kita kuncinya adalah fropesional ujar Siti Muriah, dalam kesempatan yang sama ketua jurusan tarbiyah Imam Hanafi menegaskan tema pelatihan kali ini ''Mencerahkan untuk menggerakkan menuju Kemandirian dan Fropesionalisme Pers Mahasiswa'' sejalan dengan visi dan misi STAIS kutai Timur yaitu mencetak generasi yang inovatif, unggul dan fropesional.

Agar pelatihan ini optimal, beberapa nara sumber yang kompeten dibidangnya pun diundang, seperti Ahmad Dardori dari Kaltim pos, Ali Khifdussholihin dari Swara Kaltim, M. Khaidir Ali SHI dari Tribun Kaltim, Hery Koeswoyo dari Koran Kaltim dan Nur ikhwan dosen dan penulis buku dari IAIN Walisongojawa tengah yang juga kompeten dalam bidang jurnalistik.

Materi yang disampaikan meliputi teknik menulis dan menyunting berita, teknik lay out, teknik wawancara, aspek hukum dan etika jurnalistik,teknik menulis artikel, wacana dan esai, teknik menulis kolom dan feature, serta manajemen pers kampus. Peserta tidak hanya dibekali dengan pengatahuan yang sifatnya teori tetapi juga praktik, baik praktik menulis maupun hunting berita dengan terjun langsung ke lapangan. Sebelum acara penutupan, acara diisi dengan persiapan pendirian majalah kampus dan pembentukan lembaga pers mahasiswa STAIS Kutai Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGARUH MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB MAHASISWA

LAMPIRAN PROPOSAL PENELITIAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB

KENANG-KENANGAN PPL DI SMAN 1 SANGATTA UTARA

Laporan PPL di SMAN 1 Sangatta Utara